Resep: Opor Ayam Kentang Kuning

Opor Ayam Kentang Kuning. Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Nah bagi kamu yang sedang ingin mengolah opor ayam atau mencoba memasaknya di rumah, namun belum tahu caranya pengolahannya, berikut ini brilio.net himpun dari berbagai sumber pada. cara membuat opor ayam dan resep opor ayam lebaran lengkap cara memasak opor ayam kuning lengkap bahan bumbu opor ayam tahu special yang Cara Membuat Opor Ayam – Versi Wikipedia opor ayam merupakan masakan yang terkenal di Indonesia. Opor ayam diklaim berasal dari daerah.

Opor Ayam Kentang Kuning Bisa disajikan dengan nasi putih, sambal goreng kentang, rendang ataupun hanya dengan beberapa. Antara lain ialah opor ayam tahu bumbu kuning, opor ayam pedas, opor ayam kampung, dan opor ayam kentang. Dimana masing-masing resep tersebut mempunyai varian rasa yang berbeda, yang dapat menambah menu makanan di rumah bunda.
Kamu dapat membuat sendiri Opor Ayam Kentang Kuning dengan menggunakan 17 bahan dan 7 langkah. Berikut cara untuk kamu memasak Opor Ayam Kentang Kuning.

Bahan-bahan untuk membuat Opor Ayam Kentang Kuning

  1. Kamu butuh 1/2 ekor ayam.
  2. Siapkan 2 buah kentang, dipotong siku.
  3. Siapkan 1 kotak santan kara / 150 ml santan kental kelapa asli.
  4. Siapkan secukupnya garam.
  5. Siapkan opsional kaldu ayam.
  6. Siapkan secukupnya air.
  7. Kamu butuh bumbu halus.
  8. Siapkan 7 keping kemiri.
  9. Kamu butuh 1 ruas kunyit.
  10. Siapkan 8 siung bawang merah.
  11. Kamu butuh 8 siung bawang putih.
  12. Siapkan 2 ruas lengkuas.
  13. Kamu butuh 1 sdt merica.
  14. Kamu butuh 2 sdt ketumbar.
  15. Siapkan bahan tumis.
  16. Siapkan 3 batang sereh.
  17. Kamu butuh 3 lembar daun salam.

Opor ayam adalah kuliner masakan berbahan dasar ayam yang sangat khas dari Inonesia Ayam yang digunakan untuk membuat opor ayam ini biasanya dibalur dengan bumbu kuning sehingga membuat masakan yang satu ini memiliki citra rasa yang beraneka ragam dari rempah yang khas dan gurih. Opor ayam kuning jadi hidangan ikonik saat lebaran. Memang di Indonesia kurang afdol rasanya berlebaran tanpa ada sajian opor di rumah. Opor ayam kuning biasa disantap setelah shalat Ied.

Instruksi pembuatan Opor Ayam Kentang Kuning

  1. Blender semua bumbu halus : tips dipotong2 dl biar cepet.
  2. Tumis bumbu halus, masukan bahan tumis, tambahkan garam dan kaldu di rasa2.
  3. Masukan ayam aduk rata.
  4. Masukan air 1.5 lt – 2.5 lt sampai semua ayam tercelup diair, rebus dengan api kecil sampai 30 menit.
  5. Masukan kentang rebus sampai mendidih.
  6. Masukan santan aduk rata jangan pecah sampai mendidih.
  7. Sajikan dengan taburan bawang.

Dimakan bersama dengan keluarga hingga tamu yang datang ke rumah. Variasi yang pertama adalah resep opor ayam bumbu kuning campur kentang seperti gambar di atas dengan pemakaian bahan dan bumbu sebagai mana yang tertulis di bawah ini Resep opor ayam kuning ini disarankan untuk menggunakan ayam kampung, meskipun ayam potong juga tidak masalah, namun jika dengan ayam kampung tentu rasanya akan lebih maknyus karena kaldunya lebih paten dan kental. Apalagi ayam kampung yang lagi bertelor pasti rasanya lebih wah. Opor ayam merupakan masakan berkuah santan kental berwarna kekuningan. Terdiri dari bahan utama daging ayam dan aneka rembah-rempah Biasanya, opor ayam identik dengan ketupat atau lontong saat penyajian.

Share

Memasak bukan hanya tentang bahan, resep, dan masakan. Ini tentang memanfaatkan imajinasi, pemberdayaan, dan kreativitas.