Resep: Soto Ayam

Soto Ayam.

Soto Ayam
Kamu dapat membuat sendiri Soto Ayam dengan menggunakan 14 bahan dan 8 langkah. Berikut cara untuk kamu memasak Soto Ayam.

Bahan-bahan untuk membuat Soto Ayam

  1. Siapkan 500 gram dada ayam.
  2. Siapkan 3 bh daun salam.
  3. Siapkan 5 bh daun jeruk.
  4. Siapkan 2 batang sereh.
  5. Siapkan 1 bungkus bumbu soto indofood.
  6. Kamu butuh 2 bungkus racik tempe goreng diencerkan dengan 40 ml air.
  7. Kamu butuh 1 papan tempe.
  8. Kamu butuh 1/4 kol, potong kecil – kecil, siram air panas.
  9. Siapkan 2 bh telur ayam, direbus hingga matang.
  10. Kamu butuh 2 bh tomat.
  11. Siapkan 150 gr taoge, siram air panas.
  12. Kamu butuh secukupnya Garam.
  13. Siapkan secukupnya Kaldu ayam bubuk.
  14. Kamu butuh 2 batang daun bawang.

Instruksi pembuatan Soto Ayam

  1. Kaldu ayam : rebus ayam 3 menit, buang air, rebus ulang sampai air panas (bukan mendidih). Sisihkan..
  2. Gongso sereh, daun salam, daun jeruk, dan bumbu indofood. Setelah wangi keluar, masukkan sedikit kuah kaldu ayam yang direbus (di no 1). Lalu aduk rata. Masukkan bumbu gongso ini ke kuah kaldu ayam, rebus hingga mendidih, tambahkan garam. Saring dan buang remoh – rempahnya. Jadilah kuah soto..
  3. Ayam Goreng : Keluarkan ayam dari rebusan. Saya mau pakai cara gampang saja. Balurkan bumbu racik tempe goreng lalu goreng ayam tsb. Kalau tidak mau repot menggoreng ayam, pakai ayam rebus saja. Tapi karena saya sekalian mau menggoreng tempe, jadi ayamnya saya goreng juga. Setelah matang, ayamnya disuwir – suwir..
  4. Tempe goreng : balurkan bumbu racik tempe goreng lalu goreng tempenya..
  5. Soto ayam : panaskan kuah soto, masukkan sedikit kaldu ayam bubuk dan daun bawang, rebus sampai mendidih..
  6. Penyajian : letakkan ayam suwir, kol, tomat, telur, dan taoge di atas mangkok. Siram dengan kuah soto dan isiannya. Sajikan bersama tempe..
  7. Tips 1 : sebenarnya porsi 500 gr ayam itu terlalu banyak untuk 2 orang. Tapi karena saya lupa membeli sayap / ceker ayam, mau tidak mau saya full gunakan 500 gr ayam untuk membuat kaldu. Kalau tidak mau pakai terlalu banyak ayam, gunakan 200 gr ayam dan sisanya gunakan ceker / sayap untuk kaldu..
  8. Tips 2 : di sini saya tidak menggunakan bihun ya. Kalau mau menggunakan bihun juga enak. Tapi saya memang makan soto dengan nasi karena kebetulan bikin sambal terasi juga 😛 jadi menunya soto ayam, ayam goreng, tempe goreng, sambal terasi, dan ikan asin..
Share

Memasak bukan hanya tentang bahan, resep, dan masakan. Ini tentang memanfaatkan imajinasi, pemberdayaan, dan kreativitas.