Resep: Soto banjar

Soto banjar. Soto Banjar adalah soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam serta memiliki aroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkih. Adakalanya pembuatan kuah soto banjar dapat dicampurkan dengan sedikit susu yang membuat warna kuahnya. Resep Soto Banjar Makanan Khas Banjarmasin dan Cara Membuat Bumbu Banjar Asli Bahan dan Bumbu Resep Soto Banjar Spesial Enak.

Soto banjar Get quick answers from Soto Banjar Bang Amat staff and past visitors. Note: your question will be posted publicly on the Questions & Answers page. Soto Banjar adalah soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam dan beraroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala.
Kamu dapat membuat sendiri Soto banjar dengan menggunakan 25 bahan dan 6 langkah. Berikut cara untuk kamu memasak Soto banjar.

Bahan-bahan untuk membuat Soto banjar

  1. Siapkan 1/2 ekor ayam.
  2. Kamu butuh 4 butir telur ayam/telur itik.
  3. Kamu butuh 1 bungkus suun.
  4. Kamu butuh 5 sdm Bawang goreng.
  5. Siapkan 2 sdm minyak untuk menumis.
  6. Kamu butuh 100 ml susu cair.
  7. Kamu butuh 1 buah kentang.
  8. Kamu butuh 1 buah wortel.
  9. Siapkan 2 helai daun bawang.
  10. Kamu butuh 2 helai daun seledri (skip/tdk ad stok).
  11. Siapkan Bumbu Halus.
  12. Kamu butuh 6 butir kapulaga.
  13. Kamu butuh 1/2 biji pala.
  14. Kamu butuh 5 biji cengkeh.
  15. Siapkan 2,5 cm kayu manis.
  16. Kamu butuh 1 sdt merica butiran.
  17. Kamu butuh 5 siung bawang merah.
  18. Kamu butuh 2 siung bawang putih.
  19. Kamu butuh Secukupnya garam dan micin.
  20. Siapkan Secukupnya penyedap rasa ayam.
  21. Siapkan Pelengkap :.
  22. Siapkan Perkedel kentang.
  23. Siapkan Kecap manis.
  24. Siapkan 1 buah jeruk.
  25. Siapkan Secukupnya cabe rawit / sambal.

Soto Banjar merupakan jenis soto yang berasal dari Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam dan beraroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala dan cengkeh. Resep soto banjar asli memiliki keunikan tersendiri, karena mencantumkan bahan susu cair, namun anda juga bisa mencoba membuat masakan soto ayam banjar tanpa susu cair. Kuah soto Banjar yang asli menggunakan krimer sehingga akan berwarna putih. Soto Banjar biasanya disajikan bersama dengan ketupat, perkedel ubi kayu, irisan wortel, serta telur bebek.

Instruksi pembuatan Soto banjar

  1. Rebus air sampai mendidih sekitar 2,5 liter kemudian masukkan ayam yang sudah di cuci bersih (ayam jangan di potong2 /biarkan utuh),sementara siapkan bumbu halus dan sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus dengan 2 sdm minyak goreng,aduk hingga harum kemudian masukkan ke dalam rebusan kaldu ayam rebus tadi. Angkat ayam lalu suir-suir daging ayam dan sisihkan.
  3. Rebusan kaldu yang sudah mendidih kemudian saring agar kuahnya bersih dan tambahkan susu cair,koreksi rasa dan sisihkan.
  4. Rendam suun di air panas jika sudah layu kemudian saring,rebus telur,di panci lain rebus juga kentang dan wortel.
  5. Potong-potong daun bawang dan seledri,siapkan juga irisan jeruk,bawang goreng,sambal cabe rawit / cabe rawit utuh.
  6. Cocok di sajikan dengan lontong/ketupat. Cara penyajian : potong-potong lontong /ketupat kemudian tata di atas piring / mangkuk, tambahkan suun, ayam suir,dan bahan lainnya kemudian siram kuah kaldu di atasnya,jangan lupa telur rebus,jeruk,sambal,kecap sebagai pelengkapnya.

Soto Banjar adalah soto ayam berempah yang lahir di tengah masyarakat suku Banjar di Kalimantan Selatan. Bisa dibilang juga bahkan hidangan ini adalah salah satu masakan terpopuler dari Kalimantan. Nggak apa apa kok kerasa sedih, gundah, galau, gulana, gulali, gule, tongseng, tengkleng, soto banjar, sop empal, lumpia anget #apasihh malah jadi pengen makan 🤣. Membuat Soto Banjar yang komplit memang butuh waktu dan kesabaran tetapi hasilnya sangat Catatan: Bumbu rempah Soto Banjar umumnya dibungkus dengan kain tipis atau kasa dan direbus. Letakkan ketupat di atas mangkuk beserta soun, kentang, perkedel, suwiran ayam, telur, kemudian siram dengan kuah soto.

Share

Memasak bukan hanya tentang bahan, resep, dan masakan. Ini tentang memanfaatkan imajinasi, pemberdayaan, dan kreativitas.