Resep Rahasia Nasi uduk betawi semur daging

Nasi uduk betawi semur daging. Semur daging betawi spesial menu lebaran dengan rempah-rempah yang lengkap serta kekentalan yang pas. Resep semur daging betawi biasanya juga dipakai buat pelengkap nasi uduk bersama dengan semur telur dan tahu. Bahan bumbu semur khas ini lebih komplit sehingga aroma dan rasanya tentu saja lebih nendang buat di lidah.

Nasi uduk betawi semur daging Resep semur daging betawi daging sapi ini merupakan resep turun temurun yang mempunyai cita rasa enak Saat sarapan pagi dengan nasi uduk tidak pas jika tanpa semur asli betawi ini. Atau enak juga sarapan nasi goreng. Semur tergolong makanan khas betawi yang sering disajikan bersama nasi uduk, ketupat dan masakan betawi lainnya.
Kamu dapat membuat sendiri Nasi uduk betawi semur daging dengan menggunakan 24 bahan dan 5 langkah. Berikut cara untuk kamu menyajikan Nasi uduk betawi semur daging.

Bahan-bahan untuk membuat Nasi uduk betawi semur daging

  1. Kamu butuh 1 1/2 kg beras (me merk cap koki).
  2. Kamu butuh 1 1/2 butir kelapa parut total air dan perasan kelapa 1500ml (peras pisah yang kental dan encer).
  3. Kamu butuh 5 batang serai (geprek bagian putih).
  4. Kamu butuh 8 lembar Daun salam.
  5. Siapkan 3 jempol lengkuas.
  6. Siapkan 2 jempol jahe.
  7. Kamu butuh 2 sdm garam.
  8. Siapkan Bihun goreng.
  9. Siapkan 1 bungkus bihun cap jagung.
  10. Siapkan Irisan kol.
  11. Siapkan 1000 ml air untuk merebus.
  12. Kamu butuh 4 siung bawang putih (haluskan).
  13. Kamu butuh 6 siung bawang merah (haluskan).
  14. Kamu butuh 1/2 sdt merica (haluskan/pakai yg bubuk).
  15. Kamu butuh Secukupnya kaldu jamur.
  16. Kamu butuh Secukupnya garam.
  17. Siapkan Secukupnya kecap manis (sesuaikan ingin warna cokelat atau gelap).
  18. Kamu butuh Minyak untuk menumis.
  19. Siapkan Pelengkap.
  20. Siapkan Bawang goreng.
  21. Kamu butuh Orek tempe kering (me skip).
  22. Kamu butuh Sambel kacang (resep menyusul).
  23. Kamu butuh Bakwan sayur crispy.
  24. Siapkan Emping goreng.

Menu ini dapat dijadikan referensi menu. Selengkapnya Nasi uduk Betawi memiliki nasi uduk yang khas. Sedangkan untuk lauk pauk pelengkapnya dapat pula disesuaikan dengan selera. Lauk pauk pelengkap nasi uduk Betawi terdiri dari telur, empal, ikan , daging ayam , tempe dan tahu.

Instruksi pembuatan Nasi uduk betawi semur daging

  1. Cara nasi uduk: Cuci bersih beras, lalu tiriskan. Siapkan panci menanak nasi didihkan, setelah mendidih masukkan beras kukus kurang lebih 24menit hingga kaku..
  2. Didihkan perasan santan&air 1500ml, masukkan serai,daun salam lengkuas, jahe, dan garam. Api sedang aduk terus hingga mendidih, koreksi rasa (hingga asin, karena beras/nasi itu kan manis ya jd sesuaikan tingkat kegurihan nasi uduknya)..
  3. Setelah mendidih dan wangi, ambil santan 350ml sisihkan. Masukkan beras yg sudah dikukus, aduk merata berbarengan dengan santan. Hingga menyusut, jika dirasa kurang air tambahkan sisa santan yg tadi disisihkan. Lalu kukus kembali, dengan kukusan dan air dipanci sesuaikan ya. Kukus hingga matang kurang lebih 30menit. Nasi uduk wangi siap dihidangkan😋.
  4. Bihun goreng: Rebus air dan beri 2sdm minyak, masukkan bihun rebus hingga lunak angkat dan tiriskan. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga wangi. Tambahkan irisan ko dan beri air putih, lalu tambahkan garam kaldu dan kecap aduk hingga kol layu. Air menyusut dan koreksi rasa lalu hidangkan dengan nasi uduk😋 Penampakan foto dengan orek (tempe, ini pembuatan sebelumnya😬).
  5. Cara penyajian: Tata nasi pada piring yang sdh diberi alas daun, beri bihun goreng, semur daging, bakwan sayur, sambel kacang dan emping. (Biasanya aku pakai orek tempe, kali ini mau yg cpt aja masaknya jadi skip orek tempenya😃). Selamat mencoba😋❣️.

Resep Nasi Uduk Betawi Spesial Membuat Nasi uduk tidaklah sesulit yang dibayangkan. Nasi uduk kurang nikmat jika tidak disantap bersama sambal,tambahkan pula semur tahu atau sayur kari tahu. Lebih enak lagi kalau di tambah dendeng atau empal daging.lebih Maknyuss ! Siapa yang tidak doyan dengan nasi uduk? Makanan khas Betawi ini paling enak disajikan sebagai menu sarapan atau makanan pendamping pecel.

Share

Memasak bukan hanya tentang bahan, resep, dan masakan. Ini tentang memanfaatkan imajinasi, pemberdayaan, dan kreativitas.