Resep Rahasia Opor ayam kampung

Opor ayam kampung. Opor ayam kampung merupakan resep masakan khas negara kita yang berkuah kuning kental atau putih. Resep opor memang resep jaman dahulu yang sampai saat ini masih anyak yang menyukainya. Resep opor ayam kampung ini adalah modifikasi dari resep opor ayam klasik.

Opor ayam kampung Di berbagai daerah, yang kerap dijumpai yakni opor ayam kuning. Seperti namanya, menu ini menggunakan kunyit sebagai pewarna yang. Untuk opor ayam kampung tentu bahan utamanya adalah ayam kampung, jadi bukan ayam putih.
Kamu dapat memasak Opor ayam kampung dengan menggunakan 19 bahan dan 3 langkah. Berikut cara untuk kamu memasak Opor ayam kampung.

Bahan-bahan untuk membuat Opor ayam kampung

  1. Kamu butuh 1 ekor ayam kampung (1 kg) tanpa jeroan.
  2. Kamu butuh 1/2 butir jeruk lemon.
  3. Kamu butuh 400 ml air.
  4. Siapkan Bumbu halus.
  5. Siapkan 7 siung bawang merah.
  6. Siapkan 5 siung bawang putih.
  7. Kamu butuh 1 sdm ketumbar bubuk.
  8. Siapkan 1/2 sdm lada putih bubuk.
  9. Siapkan Bahan dan bumbu lainnya.
  10. Siapkan 3 cm lengkuas geprek.
  11. Siapkan 1 sereh geprek.
  12. Kamu butuh 3 lbr daun salam.
  13. Kamu butuh 3 lbr daun jeruk purut.
  14. Kamu butuh 9 cengkeh.
  15. Siapkan 1/2 sdt biji pala bubuk.
  16. Kamu butuh Sejempol gula jawa.
  17. Siapkan 80 ml santan instan.
  18. Kamu butuh 1/2 sdt kaldu jamur.
  19. Kamu butuh 3/4 sdt garam.

Hanya saja untuk jenis ayam ini lebih di sukai. Agar opor terasa lebih gurih, disarankan untuk menggunakan daging ayam kampung. Bumbu dan Resep Opor Ayam Kampung. Opor yang satu ini pastinya dicintai semua kalangan karena terkenal ayamnya yang sangat lembut dengan tulang yang keras.

Instruksi pembuatan Opor ayam kampung

  1. 1 ekor ayam potong jadi 8, cuci bersih, kucuri perasan jeruk lemon, diamkan selama 20 menit, cuci bersih kembali.
  2. Blender bumbu (bawang merah, bawang putih, ketumbar bubuk dan merica bubuk) hingga halus.
  3. Tumis bumbu halus, lengkuas, daun salam, daun jeruk purut, sereh, biji pala, cengkeh dan gula jawa hingga harum, masukkan ayam, aduk-aduk hingga semua permukaan potongan ayam terlumuri bumbu, diamkan (ungkep) selama 20 menit, tambahkan air, tunggu hingga masak, tambahkan santan instan, tunggu masak, tambahkan kaldu jamur, garam, test rasa, apabila sesuai, kecilkan api, diamkan selama 20 menit, selesai—> siap disajikan.

Cara membuat opor ayam cukuplah mudah, hanya saja yang perlu diperhatikan adalah ketika memasak tidak boleh ditinggal tinggal agar santannya tidak pecah. Cara Memasak Opor Ayam – Opor ayam biasanya identik dengan momen special hari raya terutama lebaran idul fitri. Dalam setiap jamuan seringkali kedapati opor ayam dengan makanan khas lebaran. Resep opor ayam – Kuliner berbahan ayam berkuah santan ini sangat terklenal di seluruh wilayah di indonesia, Terutama didaerah Jawa tengah dan juga Jawa Barat. Opor ayam merupakan masakan dengan bahan dasar daging ayam dan santan, yaitu ayam rebus yang dimasak dengan menggunakan bumbu kental dari santan yang lalu ditambahkan dengan.

Share

Memasak bukan hanya tentang bahan, resep, dan masakan. Ini tentang memanfaatkan imajinasi, pemberdayaan, dan kreativitas.