Resep Rahasia Opor ayam tahu (pelengkap gudeg)

Opor ayam tahu (pelengkap gudeg). Sedang mencari resep masakan gudeg komplit asal Yogyakarta? Jangan membuang waktu anda yang paling berharga, karena disini anda bisa temukan berbagai resep masakan khas Indonesia beserta cara membuat opor ayam tahu gudeg. Sebab resep opor ayam tahu ini mudah dan praktis dibuat di rumah.

Opor ayam tahu (pelengkap gudeg) Resep Opor Ayam Spesial, Opor Ayam adalah sajian kuliner wajib pada saat merayakan Lebaran. Cara Membuat Resep Opor Ayam : Cuci ayam hingga bersih, atau rebus ayam sebentar dan buang airnya. Seperti juga opor ayam, resep telur opor ini juga menggunakan berbagai macam bumbu opor tradisional.
Kamu dapat membuat sendiri Opor ayam tahu (pelengkap gudeg) dengan menggunakan 19 bahan dan 2 langkah. Berikut cara untuk kamu menyajikan Opor ayam tahu (pelengkap gudeg).

Bahan-bahan untuk membuat Opor ayam tahu (pelengkap gudeg)

  1. Siapkan 1/2 kg Ayam tua.
  2. Kamu butuh 5 Tahu kulit (saya bagi 2 jadi 10).
  3. Kamu butuh Santan kental dari 1 butir kelapa.
  4. Siapkan 2-3 keping Gula jawa (jika kurang manis bisa d tambah).
  5. Siapkan Bumbu cemplung:.
  6. Kamu butuh 3 Salam.
  7. Kamu butuh 2 ruas Laos.
  8. Kamu butuh 2 Sere.
  9. Siapkan 3-4 lembar Daun jeruk.
  10. Siapkan Garam.
  11. Kamu butuh Kaldu bubuk (royco).
  12. Siapkan 5 butir Cengkeh.
  13. Siapkan Bumbu halus:.
  14. Kamu butuh 5 Bawang putih.
  15. Kamu butuh 6 Bawang merah.
  16. Kamu butuh 1/2 sdt Jinten.
  17. Kamu butuh 1 sdt Lada bubuk.
  18. Siapkan 1 sdt Tumbar bubuk.
  19. Kamu butuh 5-6 Miri.

Biasanya dikombinasikan dengan ayam, ceker, tahu atau kentang untuk menambah selera. Perpaduan berbagai macam rempah, seperti kemiri, ketumbar, lengkuas dan lainnya membuat resep. Siapa yang bisa menolak nikmatnya opor ayam kuning? Terasa spesial, lauk ini bisa menjadi pelengkap nasi gudeg.

Instruksi pembuatan Opor ayam tahu (pelengkap gudeg)

  1. Uleg bumbu halus, lalu tumis sampai harum. Masukkan ayam, ungkep sebentar(10 menit). Masuk bumbu cemplung, gula jawa, garam, santan, tahu. Sambil sesekali d aduk, masak kurleb 1 – 2 jam(sampai ayam empuk dan tanak).
  2. Setelah tanak, masukkan cengkeh dan kaldu, angkat sajikan sebagai teman gudeg..

Ayam Daging Mie Nasi Sayuran Seafood Tahu Telur Tempe. Bakar Goreng Kukus Panggang Rebus Tumis. Masukkan ayam ke dalam tumisan bumbu, lalu aduk hingga merata. Masukkan santan lalu disusul dengan semua bumbu-bumbu yang lainnya. Aduk lagi hingga semua bahan tercampur.

Share

Memasak bukan hanya tentang bahan, resep, dan masakan. Ini tentang memanfaatkan imajinasi, pemberdayaan, dan kreativitas.