Cara Membuat Ayam Geprek Lada Hitam Sambel Korek

Ayam Geprek Lada Hitam Sambel Korek.

Ayam Geprek Lada Hitam Sambel Korek
Kamu dapat membuat sendiri Ayam Geprek Lada Hitam Sambel Korek dengan menggunakan 30 bahan dan 10 langkah. Berikut cara untuk kamu menyajikan Ayam Geprek Lada Hitam Sambel Korek.

Bahan-bahan untuk membuat Ayam Geprek Lada Hitam Sambel Korek

  1. Kamu butuh 4 potong daging ayam (bagian apa aja sesukanya).
  2. Siapkan Racikan Rebusan Ayam :.
  3. Siapkan 1/2 bks bumbu tempe goreng (Me: Racik tempe).
  4. Siapkan 1/2 sdt kaldu bubuk.
  5. Siapkan 1 siung bawang putih.
  6. Kamu butuh 1 sdt saos tiram (Me: Saori saos tiram).
  7. Siapkan Secukupnya air untuk merebus ayam.
  8. Kamu butuh Tepung Lumur Marinasi Ayam :.
  9. Kamu butuh 1/2 bks tepung bumbu serbaguna (Me: Sajiku pedas).
  10. Kamu butuh 1/4 sdt ketumbar bubuk.
  11. Siapkan Secukupnya air untuk mencampur.
  12. Siapkan Tepung Pelapis Ayam :.
  13. Kamu butuh 1/2 bks tepung bumbu lada hitam (Me: Mamasuka krispi lada hitam).
  14. Siapkan 1 sdm Tepung tapioka/sagu.
  15. Kamu butuh 1/2 sdt baking powder.
  16. Kamu butuh 1 gelas air es.
  17. Siapkan Secukupnya minyak untuk menggoreng.
  18. Kamu butuh Sambal Korek :.
  19. Siapkan 10 biji cabe rawit merah/cabe setan.
  20. Siapkan 8 biji cabe merah keriting.
  21. Kamu butuh 5 biji cabe rawit ijo (opsional).
  22. Kamu butuh 2 siung bawang putih.
  23. Siapkan Secukupnya kaldu bubuk (jamur/ayam).
  24. Kamu butuh 3 sdm minyak panas.
  25. Kamu butuh Condiment/Pendamping :.
  26. Kamu butuh 1 buah mentimun (uk.besar).
  27. Siapkan 3 buah tahu putih.
  28. Kamu butuh 2 sdm tepung bumbu lada hitam (Me: Mamasuka krispi lada hitam).
  29. Siapkan Sedikit air.
  30. Kamu butuh Secukupnya minyak untuk menggoreng.

Tahap-tahap pembuatan Ayam Geprek Lada Hitam Sambel Korek

  1. Bersihkan ayam, aku pake bagian separoh dada ayam. Potong 4-5 bagian. Lumuri potongan ayam dengan bumbu racik goreng tempe hingga merata. Tambahkan air secukupnya merendam ayam. Tambahkan sedikit kaldu bubuk dan saos tiram. Aduk sejenak. Rebus ayam hingga matang dan air rebusan surut meresap ke ayam. Tiriskan..
  2. Buat tepung lumur marinasi ayam. Setengah bungkus tepung bumbu serbaguna instan (aku pake tepung sajiku yg pedas) dicampur dgn sedikit ketumbar bubuk dan secukupnya air. Aduk rata. Buat agak kental. Jangan terlalu encer. Lumurkan di seluruh ayam hingga merata sampe ke sela-sela bagian ayam. Masukkan dan diamkan dlm lemari es/freezer minimal 1 jam..
  3. Setelah lebih dari 1 jam dalam freezer/pendingin, keluarkan potongan2 ayam dan siapkan bahan2 lainnya untuk step selanjutnya. Siapkan bahan untuk pelapis. Segelas air es & tepung bumbu sesuai selera. Kali ini aku pake yg lada hitam. Tuangkan air es dlm mangkok/piring agar lebih mudah dicelup. Siapkan tepung kering di piring lain, tambahkan sesendok tepung tapioka/sagu dan baking powder, aduk rata..
  4. Ambil potongan ayam yg sudah di marinasi dalam frezeer tadi. Celupkan dan balurkan rata dengan tepung kering, lalu celupkan ke air es, baluri lagi dgn tepung kering sambil di tekan2 atau dicubit2. Jika ingin hasil yg lebih crispy dan keriting ulangi prosesnya ini hingga 3x bolak balik. Lakukan proses yg sama dgn semua potongan ayam..
  5. Goreng ayam dgn cukup minyak panas dalam api stabil hingga matang coklat keemasan..
  6. Siapkan condiment/pendamping hidangan. Kali ini aku pilih lalapan timun dingin segar & tahu goreng. πŸ₯’ Bersihkan mentimun, potong sesuai selera dan dinginkan di lemari es. 🍣 3 biji tahu putih potong memanjang (sesuai selera), baluri dgn adonan tepung serbaguna (aku masih pake yg lada hitam) dicampur sedikit air. Tepung basahnya ini agak kental, jangan terlalu encer. Balurkan rata ke tahu.. Memasukkan tahu gunakan sendok agar tepungnya juga ikut. Langsung di goreng hingga matang keemasan..
  7. Buat sambel korek. Cuci bersih semua cabe2an dan kupas bawang putih. Potong2 kecil semuanya agar nanti lebih mudah di uleg. Goreng bawang putih dengan sedikit minyak, lalu masukkan cabe2an juga, tumis sejenak saja, segera angkat. Uleg kasar semua bahan. Tambahkan secukupnya kaldu bubuk, masukkan sedikit2. Tes rasa..
  8. Setelah rasa sambel korek dirasa pas & mantaps, siram sambel dgn 3 sdm minyak panas. Sambel korek siap dinikmati 😘🌢️.
  9. Geprek ayam goreng tepung lada hitam dgn anak cobek dan tuangkan secukupnya sambel korek diatasnya sesuai selera. Jika ga suka langsung diatas ayam, sambel bisa di tata di sisi ayam sebagai cocolan. Tata juga pelengkap lalapan mentimun dingin segar dan tahu goreng..
  10. Ayam Geprek Lada Hitam Sambel Korek sungguh menggugah selera untuk segera di santap! πŸ˜°πŸŒΆοΈπŸ— – 🌻Unda Qy.
Share

Memasak bukan hanya tentang bahan, resep, dan masakan. Ini tentang memanfaatkan imajinasi, pemberdayaan, dan kreativitas.