Ide Resep: Soto Banjar + Koya

Soto Banjar + Koya. Menikmati kehangatan soto Banjar tak perlu pergi jauh ke Banjarmasin, di dinginnya kota Bogor, kita tetap dapat menyetuput soto bening ini. Menu soto banjar ini bisa dimakan bersama nasi atau ketupat tergantung selera, sotonya berisi sohun, suwiran ayam, perkedel banjar di sini. Soto Banjar adalah soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam serta memiliki aroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkih.

Soto Banjar + Koya Cara membuat soto ayam banjar ini juga hampir mirip dengan resep soto ayam pada umumnya, namun demikian cobalah untuk bikin soto banjar asli yang berasal dari kota. Soto Banjar adalah soto ayam berempah yang lahir di tengah masyarakat suku Banjar Hidangan ini merupakan salah satu kekayaan kuliner provinsi beribu kota Banjarmasin. Resep Masakan Soto Banjar – Yang satu ini pastinya akan membuat anda seperti terhipnotis rasanya yang begitu khas kota banjar seakan anda tidak akan lupa akan.
Kamu dapat memasak Soto Banjar + Koya dengan menggunakan 32 bahan dan 9 langkah. Berikut cara untuk kamu memasak Soto Banjar + Koya.

Bahan-bahan untuk membuat Soto Banjar + Koya

  1. Siapkan 1 potong ukuran kecil ayam.
  2. Kamu butuh Bumbu halus kuah soto.
  3. Kamu butuh 2 ruas kunyit.
  4. Kamu butuh 5 siung bawang putih.
  5. Siapkan 3 siung bawang merah.
  6. Siapkan 4 butir kemiri.
  7. Kamu butuh 1 sdm merica.
  8. Siapkan 2 sdm minyak.
  9. Kamu butuh secukupnya Air.
  10. Siapkan Secukupnya garam.
  11. Kamu butuh Secukupnya royco.
  12. Kamu butuh 1/2 sdm gula.
  13. Kamu butuh Bumbu butiran kuah soto.
  14. Kamu butuh 1 ruas laos (dibagi 2 lalu digeprek).
  15. Kamu butuh 2 buah daun salam.
  16. Kamu butuh 2 buah daun jeruk.
  17. Kamu butuh Bahan pelengkap soto.
  18. Siapkan 2 buah kentang potong dadu.
  19. Kamu butuh 2 buah wortel potong kecil.
  20. Siapkan 1/4 potong kol diiris tipis.
  21. Siapkan 1/2 bungkus soun.
  22. Kamu butuh secukupnya Daun seledri.
  23. Siapkan 2 buah jeruk nipis.
  24. Kamu butuh secukupnya Bawang goreng.
  25. Siapkan Bahan koya.
  26. Siapkan Secukupnya kerupuk udang.
  27. Siapkan 4 siung bawang putih (diiris tipis).
  28. Kamu butuh Bahan sambal.
  29. Siapkan 4 buah cabai rawit.
  30. Kamu butuh 3 buah cabai hijau.
  31. Siapkan 4 buah cabai merah keriting.
  32. Kamu butuh 4 buah kemiri.

Selain Soto Banjar, beberapa makanan di atas memang tidak terlalu banyak dijual di kota-kota lain yang ada di Indonesia. Jadi, ketika Anda berada di Banjarmasin, jangan. Alamat: Sungai Baru, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin. Meski kenikmatan Soto Banjar bisa dicicipi di kota Anda tinggal, namun tetap saja kelezatannya akan jauh lebih terasa bila disantao di kota asalnya.

Instruksi pembuatan Soto Banjar + Koya

  1. Membuat kuah soto: rebus ayam dengan air secukupnya hingga ayam matang dan terbentuk air kaldu, sambil menunggu blender semua bumbu halus kuah soto. Lalu tumis bumbu halus dengan bumbu butiran kuah soto hingga harum..
  2. Setelah ayam matang dan terbentuk air kaldu, angkat ayam lalu masukkan bumbu yg sudah ditumis kedalam air kaldu aduk rata dan koreksi rasa.
  3. Ayam yang direbus tadi di goreng sebentar, lalu disuir-suir. Bagian tulangnya masukkan lagi ke air kaldu..
  4. Rebus bahan pelengkap seperti kentang, wortel, kol dan soun. Dipisah-pisah. Lalu iris daun seledri kecil2 dan potong jeruk nipis menjadi 4 bagian. Serta sediakan bawang goreng..
  5. Membuat koya: goreng kerupuk udang secukupnya dan goreng bawang putih yg sudah diiris tipis hingga kuning kecoklatan. Setelah semuanya siap, blender kerupuk udang dan bawang putih goreng menjadi satu..
  6. Membuat sambal: rebus semua bahan membuat sambal lalu diulek hingga halus atau boleh di blender, tambahkan sedikit royco dan setelah selesai, tambahkan sedikit air.
  7. Gabungkan bahan pelengkap soto dengan kuah soto beserta koya..
  8. Soto siap dinikmati 😋..
  9. Untuk perkedel jagungnya next time bakal nulis lagi hehe.

Soto khas Banjarmasin sangat tersohor di berbagai kota. Jika tadi ada soto banjar, maka berikutnya Banjarmasin menghadirkan sajian berkuah lain yang tak kalah enaknya. Which one, they serve Soto Banjar with the characteristic of Banjar's Satay. Nice place to have soto banjar with a beautiful scene of natural atmosphere beside the river. Soto Ambengan, originated from Ambengan, Surabaya.

Share

Memasak bukan hanya tentang bahan, resep, dan masakan. Ini tentang memanfaatkan imajinasi, pemberdayaan, dan kreativitas.