Resep Rahasia Opor ayam putih

Opor ayam putih. Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran. Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam. Resep Masakan Opor Ayam pasti tidak asing lagi buat kita yang tinggal di negara Indonesia tercinta ini.

Opor ayam putih Kalau kreasi olahan ayam berikut ini, dibuat dengan kuah spesial ayam masak putih. Rasanya yang lezat dan gurih dengan perpaduan. Manu kali ini merupakan pertama kalinya saya mencoba, dan Alhamdulillah sekali semua orang yang ada dirumah saat itu lahap dan bilang kalau enak. suami pun.
Kamu dapat membuat sendiri Opor ayam putih dengan menggunakan 13 bahan dan 7 langkah. Berikut cara untuk kamu memasak Opor ayam putih.

Bahan-bahan untuk membuat Opor ayam putih

  1. Siapkan 1 ekor ayam.
  2. Kamu butuh 2 lembar Daun salam.
  3. Kamu butuh 1 batang Sereh.
  4. Siapkan 2 lembar Daun jeruk.
  5. Siapkan 1 ruas Jahe, geprek.
  6. Kamu butuh 1 ruas Lengkuas, geprek.
  7. Kamu butuh 2 santan kara 65ml.
  8. Siapkan secukupnya Garam, gula, kaldu bubuk.
  9. Kamu butuh secukupnya Air.
  10. Siapkan Bumbu halus :.
  11. Siapkan 8 siung Bawang merah.
  12. Siapkan 4 siung Bawang putih.
  13. Siapkan 3 butir Kemiri.

Untuk opor ayam kampung tentu bahan utamanya adalah ayam kampung, jadi bukan ayam putih. Hanya saja untuk jenis ayam ini lebih di sukai. Nah, opor ayam sendiri ternyata memiliki banyak variasi. Di berbagai daerah, yang kerap dijumpai yakni opor ayam kuning.

Instruksi pembuatan Opor ayam putih

  1. Siapkan bahan2 nya. Cuci bersih ayam, beri jeruk nipis, diamkan 5 menit, lalu cuci kembali..
  2. Haluskan bumbu nya. Lalu tumis bumbu hingga harum. Lalu masukan daun salam, sereh daun jeruk, jahe, lengkuas. Tumis kembali sampai harum..
  3. Masukkan ayam, tumis sebentar hingga ayam berubah warna..
  4. Lalu tambahkan air. Masak hingha air mendidih. Beri garam, gula, kaldu bubuk..
  5. Masukkan santan. Masak hingga ayam matang. Sambil diaduk ya, supaya santan tidak pecah..
  6. Test rasa lagi, jika dirasa sudah pas, matikaj kompor. Dan dapat di hidangkan..
  7. Taburi dengan bawang goreng. Selamat menikmati.

Seperti namanya, menu ini menggunakan kunyit sebagai pewarna yang. Umroh.com – Resep opor ayam putih menjadi salah satu menu andalan saat lebaran. Makanan ini bisa dikatakan wajib di meja makan saat hari raya Idul Fitri ataupun Idul Adha. Perbedaan opor ayam kuning dan opor ayam putih sebenarnya hanya terletak pada satu bahan yakni, penggunaan kunyit. Kunyit adalah salah satu bahan masakan yang menghasilkan warna kuning.

Share

Memasak bukan hanya tentang bahan, resep, dan masakan. Ini tentang memanfaatkan imajinasi, pemberdayaan, dan kreativitas.