Resep Rahasia Soto Ayam Banjar

Soto Ayam Banjar. Indonesia kaya akan resep masakan daerah. Resep soto ayam tradisional ini merupakan resep asli kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Resep soto ayam banjar pada umumnya hampir sama dengan soto ayam kuah bening.

Soto Ayam Banjar Soto Banjar adalah soto ayam berempah yang lahir di tengah masyarakat suku Banjar di Kalimantan Selatan. Bisa dibilang juga bahkan hidangan ini adalah salah satu masakan terpopuler dari Kalimantan. Resep Soto Banjar Khas Kalimantan Selatan.
Kamu dapat memasak Soto Ayam Banjar dengan menggunakan 28 bahan dan 4 langkah. Berikut cara untuk kamu memasak Soto Ayam Banjar.

Bahan-bahan untuk membuat Soto Ayam Banjar

  1. Kamu butuh 1 Ekor Ayam.
  2. Kamu butuh 2 Lt Air.
  3. Kamu butuh 7 Buah Cengkih.
  4. Kamu butuh 2 Buah Bunga Lawang.
  5. Siapkan 3 Cm Kayu Manis.
  6. Siapkan 1 Buah Pala, memarkan.
  7. Kamu butuh 1/2 Sdm Garam.
  8. Siapkan 1 Bungkus Kaldu Ayam Bubuk (Royco).
  9. Siapkan ———————————————–.
  10. Kamu butuh Bumbu Yang Dihaluskan :.
  11. Siapkan ———————————————–.
  12. Siapkan 8 Siung Bawang Merah.
  13. Kamu butuh 4 Siung Bawang Putih.
  14. Kamu butuh 1 Cm Kunyit.
  15. Kamu butuh 3 Butir Kemiri.
  16. Kamu butuh 1 Sdt Merica Halus.
  17. Kamu butuh 3 Sdm Minyak Goreng Untuk Menumis.
  18. Siapkan ———————————————–.
  19. Kamu butuh Pelengkap :.
  20. Siapkan ———————————————–.
  21. Kamu butuh Ketupat.
  22. Kamu butuh Bihun / Soun Rebus.
  23. Kamu butuh Perkedel Kentang.
  24. Siapkan Telur Rebus.
  25. Kamu butuh Potongan Tomat.
  26. Kamu butuh Jeruk nipis.
  27. Kamu butuh Bawang Goreng.
  28. Kamu butuh Sambal Cabe Rawit.

Soto Banjar merupakan jenis soto yang berasal dari Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam dan beraroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala dan cengkeh. Soto merupakan hidangan yang terdapat hampir di seluruh wilayah Nusantara. Kali ini, yang akan dibahas adalah soto Banjar yang unik. Soto khas Kalimantan ini menggunakan daging ayam.

Tahap-tahap pembuatan Soto Ayam Banjar

  1. Haluskan bumbu, lalu tumis hingga harum. Sisihkan.
  2. Didihkan air setelah mendidih masukkan ayam masak ± 3 menit lalu buang air rebusan 1. Didihkan kembali air ± 2 Liter lalu masukkan ayam. Buang lemak yang mengapung. Lalu masukkan kayu manis, cengkeh, buah pala dan bunga lawang (seharusnya ditambah kalulaga karena dipasar susah carinya jadi saya skip)..
  3. Masukkan bumbu yang sudah ditumis sebelumnya. Jika dirasa ayam sudah empuk matikan kompor lalu keluarkan ayam dari dalam rebusan lalu suir-suir daging ayam. Masukkan kembali ke dalam panci tambahkan garam dan kaldu ayam bubuk masak kembali sampai mendidih. Jangan lupa cek rasa..
  4. Hidangkan Soto Ayam Banjar dengan pelengkap. Sajikan selagi hangat. Selamat mencoba.

Soto Banjar adalah soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam serta memiliki aroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkih. Adakalanya pembuatan kuah soto banjar dapat dicampurkan dengan sedikit susu yang membuat warna kuahnya. Soto ayam Medan has coconut-based soup. This soto Banjar comes from the island of South of Kalimantan (Kalimantan Selatan), in particularly, the city of Banjarmasin (or in short. Resep Soto Banjar Makanan Khas Banjarmasin dan Cara Membuat Bumbu Banjar Asli Bahan dan Bumbu Resep Soto Banjar Spesial Enak.

Share

Memasak bukan hanya tentang bahan, resep, dan masakan. Ini tentang memanfaatkan imajinasi, pemberdayaan, dan kreativitas.