Cara Membuat Roti Sobek (Manis Susu)

Roti Sobek (Manis Susu). Nah, kali ini Resep Masakan Nusantara ingin berbagi resep cara membuat roti sobek manis yang lembut berserat dan wangi dengan isi coklat dan keju. ROTI SOBEK/KASUR ini mudah pembuatannya, menggunakan Rice Cooker/Penanak nasi sgt sederhana. Roti SOBEK/KASUR ini sgt lembut, halus & lembab.

Roti Sobek (Manis Susu) Dengan resep mudah yang kami berikan kali ini maka sajian ini akan tentu bisa anda buat di rumah. Keyword resep roti sobek, roti sobek manis. Roti Sobek tergolong roti praktis dan mudah dibuat dengan bahan yang sederhana.
Kamu dapat membuat sendiri Roti Sobek (Manis Susu) dengan menggunakan 10 bahan dan 8 langkah. Berikut cara untuk kamu memasak Roti Sobek (Manis Susu).

Bahan-bahan untuk membuat Roti Sobek (Manis Susu)

  1. Siapkan 280 gr Tepung Pro Tinggi, (Saya pakai Cakra Kembar).
  2. Siapkan 1 sdm Susu Putih Bubuk.
  3. Kamu butuh 2 sdm Gula Pasir.
  4. Kamu butuh 200 gr Susu Cair (Saya pakai susu UHT full cream).
  5. Kamu butuh 1/4 sdt Garam.
  6. Siapkan 4 gr Ragi Instan.
  7. Kamu butuh 2 sdm Margarin.
  8. Siapkan Bahan Pelengkap :.
  9. Siapkan 5 gr Margarin Untuk Olesan Atas Roti.
  10. Siapkan 5 gr Gula Pasir Untuk Taburan.

Roti sobek sangat cocok untuk digunakjan sebagai bekal anak ke campurkan ragi, susu kental manis, gula dan air hangat, biarkan sejenak hingga berbuih. Masukan tepung, kuning telur, dan gula aduk hingga rata. Beli bahan masak – DISINI MURAH. Roti yang dinikmati dengan cara menyobeknya, lantas membuat roti ini dinamakan dengan roti sobek.

Tahap-tahap pembuatan Roti Sobek (Manis Susu)

  1. Masukkan tepung, susu putih bubuk, gula, garam dalam mangkok dan tuangkan sedikit demi sedikit susu cair, uleni hingga kalis sekitar 10 menit (bisa pakai mixer, tapi saya pakai tangan saja)..
  2. Setelah kalis, masukkan ragi dan margarin. Uleni kembali hingga kalis elastis..
  3. Tutup dan diamkan adonan selama 60 menit sampai adonan mengembang 2x lipat. Lebih cepat kalau cuaca panas..
  4. Setelah mengembang, potong adonan dan bagi sama rata. Diamkan sebentar, kemudian bulatkan adonan dengan rapi..
  5. Letakkan adonan yang sudah dibulatian ke dalam loyang yang sudah di olesi margarin. Diamkan kembali adonan selama 45 menit sampai mengembang 2x lipat..
  6. Panaskan oven terlebih, setelah panas masukkan loyang ke dalam oven. Panggang adonan roti dengan suhu 180°C selama 30 menit (Sesuaikan dengan oven di rumah masing-masing ya)..
  7. Setelah roti matang, langsung oles dengan margarin ya agar kulit roti bagian atas tidak keras, dan taburkan gula pasir di atasnya..
  8. Roti sobek siap disantap dan selamat menikmati..

Isian yang cepat aja pake dark cooking chocolate. Resep roti sobek manis nan lembut diperlukan bagi yang ingin membuat roti nikmat. Roti sobek memang menjadi cemilan yang enak dimakan bersama teh hangat, susu ataupun kopi. Roti haruslah mempunyai tekstur yang lembut, sehingga mudah dicerna di dalam perut. Resep roti manis adalah resep dasar adonan roti yang bisa dibuat menjadi aneka ragam bentuk lainnya.

Share

Memasak bukan hanya tentang bahan, resep, dan masakan. Ini tentang memanfaatkan imajinasi, pemberdayaan, dan kreativitas.