Resep Rahasia Roti Sobek Isi Coklat

Roti Sobek Isi Coklat.

Roti Sobek Isi Coklat
Kamu dapat membuat sendiri Roti Sobek Isi Coklat dengan menggunakan 9 bahan dan 9 langkah. Berikut cara untuk kamu menyajikan Roti Sobek Isi Coklat.

Bahan-bahan untuk membuat Roti Sobek Isi Coklat

  1. Siapkan 11 gr fermipan (1 sachet kecil).
  2. Kamu butuh 310 ml air hangat.
  3. Siapkan 4 sdm gula pasir.
  4. Kamu butuh 500 gr terigu pro tinggi.
  5. Kamu butuh 2 kuning telur + 1 putih telur.
  6. Siapkan 1 sdt sp.
  7. Kamu butuh 1 sdt essens vanilla /vanilli bubuk.
  8. Kamu butuh 4 sdm mentega.
  9. Kamu butuh 1 sdt garam.

Instruksi pembuatan Roti Sobek Isi Coklat

  1. Tuang gula pasir ke air hangat,aduk rata. Beri fermipan,aduk,tutup. Biarkan 7-8 menit sampai berbusa..
  2. Siapkan tepung,telur,sp dan vanilla essens..
  3. Tuang cairan ragi,aduk rata dengan spatulla sampai rata. Mix sebentar,beri mentega dan garam..
  4. Mix kurang lebih 15 menit sampai kalis elastis. Adonan agak lembek ya jangan kaget. Bulatkan adonan,olesi permukaan dan sekelilingnya dengan sedikit minyak,tutup. Biarkan mengembang 2x lipat kurang lebih 30-40 menit tergantung suhu udara..
  5. Sambil menunggu,bereskan perkakas kotor biar gak senewen nanti cucian banyak😄 lalu siapkan loyang yang akan dipakai,alasi baking paper dan oles mentega..
  6. Setelah adonan mengembang,kempiskan lalu bagi jadi beberapa bagian,timbang jika perlu. Isi dan tata di loyang sesuai selera. Saya jadi 2 loyang roti sobek dan 8 roti isi single..
  7. Biarkan proofing kurang lebih 20 menit. Sambil menunggu siapkan oven. Panaskan selama 10 menit dengan suhu maksimal 250°C selama 10 menit baru oven siap untuk memanggang roti..
  8. Panggang roti di suhu 170° C selama 15-18 menit api atas bawah. Jangan terpaku, sesuaikan kekuatan oven masing masing. Di 5 menit terakhir tutupi bagian atas roti dengan aluminium foil agar tidak terlalu coklat..
  9. Setelah matang,segera lepaskan dari oven agar roti tidak 'berkeringat'. Lalu oles dengan susu evaporated atau mentega..
Share

Memasak bukan hanya tentang bahan, resep, dan masakan. Ini tentang memanfaatkan imajinasi, pemberdayaan, dan kreativitas.