Ide Resep: Rendang Daging Khas Padang

Rendang Daging Khas Padang.

Rendang Daging Khas Padang
Kamu dapat membuat sendiri Rendang Daging Khas Padang dengan menggunakan 22 bahan dan 8 langkah. Berikut cara untuk kamu menyajikan Rendang Daging Khas Padang.

Bahan-bahan untuk membuat Rendang Daging Khas Padang

  1. Kamu butuh 500 gr daging sapi.
  2. Kamu butuh 500 gr kelapa parut.
  3. Kamu butuh Bumbu yang dihaluskan:.
  4. Kamu butuh 250 gr cabe besar merah.
  5. Siapkan Segenggam bawang merah.
  6. Siapkan 5 siung bawang putih.
  7. Kamu butuh 1 sdm ketumbar.
  8. Siapkan 2 cm jahe.
  9. Kamu butuh 5 cm lengkuas.
  10. Kamu butuh 1 butir buah pala.
  11. Kamu butuh Bumbu yang diutuhkan:.
  12. Kamu butuh 5 lembar daun jeruk purut.
  13. Kamu butuh 2 lembar daun kunyit.
  14. Siapkan 10 buah cengkeh kecil (resep asli tidak pakai).
  15. Kamu butuh 2 buah bunga lawang.
  16. Kamu butuh 5 buah kapulaga.
  17. Siapkan 1 jempol asam kandis.
  18. Kamu butuh 2 batang serai.
  19. Siapkan Bumbu perasa:.
  20. Kamu butuh 2 sdt garam.
  21. Siapkan 1 sdm gula.
  22. Siapkan 1 sdt merica bubuk.

Instruksi pembuatan Rendang Daging Khas Padang

  1. Cuci bersih daging, keringkan dengan tisu dapur. Potong2 daging..
  2. Ambil 6-7 sdm kelapa parut, lalu sangrai hingga kering kecoklatan dengan api kecil. Setelah dingin bisa diremas-remas ato diulek halus. Sisihkan. (Pemberian kelapa sangrai adalah tambahan dari saya, di resep yang saya recook tidak pakai).
  3. Tuang 1 liter air hangat di parutan kelapa. Tunggu beberapa saat, baru diperas, saring dan taruh di wadah, sisihkan (santan kental). Tuang lagi 1 liter air, buat santan encer. Peras, saring di wadah berbeda (wajan untuk masak rendang). Masukkan daging. Masak sambil sesekali diaduk. Tapi setelah mendidih harus diaduk terus agar santan tidak pecah..
  4. Sementara itu, siapkan bumbu2nya. Haluskan cabe merah, klo kurang suka pedas, buang biji2 cabe sebelom diblender. Proses bumbu lainnya seperti di foto..
  5. Tambahkan bumbu halus dan bumbu utuh di rebusan daging saat sudah mendidih. Masak sambil diaduk perlahan selama 1 jam, ato sampai mengental..
  6. Tuang sambil disaring santan kental (perasan santan pertama). Aduk perlahan, tahan jangan ditinggal agar santan tidak pecah. Biarkan air menyusut dan kuah mengental..
  7. Foto pertama adalah saat 1 jam ke dua. 30 menit kemudian saatnya beri garam, gula dan merica bubuk. Aduk rata. Tes rasa..
  8. Jika rasa sudah sesuai, masukkan kelapa sangrai. Aduk terus perlahan dengan api sangat kecil sampai keluar minyak. Persis 3 jam hasilnya seperti foto ke 3. Siap disajikan..
Share

Memasak bukan hanya tentang bahan, resep, dan masakan. Ini tentang memanfaatkan imajinasi, pemberdayaan, dan kreativitas.