Resep Mudah Roti sobek metode autolisis lembut dengan oven tangkring

Roti sobek metode autolisis lembut dengan oven tangkring. Bismillah Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Haii semuanyaa Julie balik lagi buat ngasih resep yg baru buat kalian.simak baik" yaaa.😊 Resep Roti. Ini agar ragi mudah tercampur dengan adonan. Bisa jadi Roti Tawar & Sobek.

Roti sobek metode autolisis lembut dengan oven tangkring Resep Roti Sobek Oven Tangkring Metode Autolisis. Roti sobek adalah jenis roti lembut dan lezat, yang cocok dijadikan cemilan santai. Roti sobek biasa dijual di berbagai minimarket dengan isian bermacam-macam.
Kamu dapat memasak Roti sobek metode autolisis lembut dengan oven tangkring dengan menggunakan 12 bahan dan 20 langkah. Berikut cara untuk kamu memasak Roti sobek metode autolisis lembut dengan oven tangkring.

Bahan-bahan untuk membuat Roti sobek metode autolisis lembut dengan oven tangkring

  1. Kamu butuh Bahan A:.
  2. Kamu butuh 300 gr tepung terigu protein tinggi.
  3. Siapkan 1 sachet susu bubuk dancow (bs juga pke susu anak 20gr).
  4. Siapkan 1 butir telur utuh.
  5. Siapkan 125-130 ml air suhu ruang atau susu cair(sy gunakan air).
  6. Kamu butuh 1 sdt ragi instan.
  7. Siapkan 30 gr gula pasir.
  8. Siapkan 2 gr bread improver (sedikit saja).
  9. Kamu butuh Bahan B:.
  10. Siapkan 30 gr margarin atau mentega.
  11. Kamu butuh 1/4 sdt garam halus.
  12. Kamu butuh Sesuai selera isian roti, boleh coklat filling, ceres, keju.

Sebenarnya kita bisa juga bikin sendiri di rumah, lho. Kamu tinggal menggunakan teflon yang ada tutupnya untuk membuatnya. Yuk, intip resep roti sobek teflon yang lembut banget berikut ini! Resep roti sobek oven tangkring metode autolisis.

Tahap-tahap pembuatan Roti sobek metode autolisis lembut dengan oven tangkring

  1. Siapkan dan takar semua bahan dgn benar. Larutkan gula bersama air agar lebih mudah tercampur dgn bahan tepung. Masukkan semua bahan A ke dalam wadah lalu aduk dengan sendok sampai tercampur rata, tdk ada tepung yg menggumpal. Ingat, jgn masukkan air sekaligus ya. Takut kelembekan nanti..
  2. Setelah tercampur rata, tutup dgn kain bersih lalu Istirahatkan kurang lebih 3-8 jam. Sy udah pernah 3,5,6 dan 8 jam sama-sama lembut tapi lebih empuk dan lebih cepat kalis elastis yg 6-8 jam. Jd silahkan sering dipraktekin agar tau wkt yg pas dan cocok buat kita sendiri..
  3. Setelah 3 jam, buka dan cek tekstur adonan. Sudah kalis hampir elastis..
  4. Skrg siapkan bahan B.
  5. Larutkan ragi dgn 1,5 sdm air matang suhu ruang. Lalu masukkan kedalam adonan..
  6. Aduk 2 menit lalu masukkan margarin dan garam.
  7. Aduk dan ulen 5 menit saja sampai adonan tidak lagi lengket ditangan dan di wadah. Cek adonan sudah kalis elastis tahap windowpane.
  8. Bulatkan dan Istirahatkan 30 menit saja. Disini adonan sudah mengembang hampir 2x lipat. Itu artinya ragi bekerja dgn baik..
  9. Kempiskan adonan dan timbang sesuai yg diinginkan. Sy 45 gr per dough.
  10. Rounding atau bulatkan adonan semulus mungkin.
  11. Gilas dgn rolling pin, balikkan taroh bagian yg digilas nanti jd dibawah agar permukaan Roti nanti cantik dan mulus. Isi Roti dan bulatkan dengan rapi, cubit-cubit bagian yg terbuka agar nanti tdk pecah saat Roti mengembang.
  12. Isian roti adalah 1/2 dari berat dough, jgn lewat agar tdk pecah saat dipanggang. seperti roti sy pecah satu krn mmg isiannya sgt banyak sesuai request anak sy kudu banyak coklatnya, alhasil meluber ber ber.
  13. Oia, setelah diisi bulatkan roti dgn rapat. Jngan ada yg terbuka..
  14. Setelah semua selesai diisi, tata diloyang yg sudah selesai dioles margarin. Lalu tutup dengan plastik atau serbet bersih. Biarkan mengembang 2xlipat kurant lebih 1 jam. Jika udara disekitar lagi dingin, coba proofing di dalam oven yg apinya mati. Caranya : masukkan Loyang roti tersebut ke dalam rak paling atas, lalu isi wadah dengan air panas letakkan di rak paling bawah. Tutup oven.
  15. Setelah roti mengembang 2xlipat, semprot roti dengan air matang suhu ruang lalu tabur toppping. Sy menggunakan wijen, boleh keju, ceres.
  16. Lalu panggang dioven tangkring yg sudah sangat panas (oven sudah dipanaskan sebelumnya dgn api besar selama 4 menit agar panas stabil).
  17. Cukup dipanggang 15 menit saja. 10 menit pertama putaran hawa panas ditutup, 5 menit terakhir buka putaran panas agar warna roti coklat merata..
  18. Segera keluarkan dari oven dan oles dgn margarin. Keluarkan dari loyang dan oles semua permukaan roti dgn margarin. Setelah dingin, simpan pada tempat kedap udara agar tahan empuknya 3 hari..
  19. .
  20. Recomended banget buat kalian yg belum punya mixer roti, ga capek lagi ngulen, ga bikin pegal tangan. Buat mommies yg kerja bisa diadon pagi, nanti pulang kerja udah bs diolah, atau kayak sy, sy adon malam, paginya sy olah..

Cara memanggang Roti dengan Oven Kompor/Oven Tangkring. Rahmi Sri Ayu. roti tawar lembut no telur Resep roti sobek oven tangkring metode autolisis. Teman-teman, please kasih support ke channel ini ya dengan klik like, share, subscribe dan nyalakan lonceng notifikasinya. Resep Sus kering gurih dan renyah hanya menggunakan OVEN TANGKRING METODE AUTOLISIS

Share

Memasak bukan hanya tentang bahan, resep, dan masakan. Ini tentang memanfaatkan imajinasi, pemberdayaan, dan kreativitas.